Kilas Balik Rebranding IPB University
IPB meluncurkan perubahan nama Institut Pertanian Bogor menjadi IPB University sebagai branding terbarunya. Hal tersebut dilandasi oleh dualisme...

Perkembangan dan mutu Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai salah satu institusi penyelenggara pendidikan tinggi tidak perlu diragukan lagi. Seiring berjalannya waktu, reputasi IPB kian moncer ditengah-tengah peradaban digitalisasi. Bagaimana tidak, berdasarkan pemeringkatan kampus top dunia, IPB berhasil menduduki rangking 511 - 520 universitas top Asia versi QS World University Rangkings.


Dengan demikian, untuk semakin memperkuat branding-nya di kancah nasional maupun internasional, IPB melakukan evaluasi terkait sejauh mana brand kampusnya dapat diterima. Salah satu dasar yang melandasi hal tersebut adalah adanya dualisme dalam menerjemahkan “Institut Pertanian Bogor” ke bahasa asing. Sehingga pada awal tahun 2019 lalu IPB meluncurkan perubahan nama Institut Pertanian Bogor menjadi IPB University sebagai branding terbarunya.


"IPB meluncurkan perubahan nama Institut Pertanian Bogor menjadi IPB University sebagai branding terbarunya."


Rencana perubahan nama IPB tersebut sebenarnya sudah diinisiasi sejak lama. Mulai pada masa kepemimpinan Rektor Prof.Dr.Ir.Andi Hakim Nasution yang menjabat pada tahun (1978 – 1987) diawali dengan tercetusnya rencana perubahan nama menjadi Universitas Ilmu Pengetahuan Bogor yang disingkat “ Universitas IPB”. Kemudian pada masa kepemimpinan Prof. Dr. Ir. Aman Wirakartakusumah (1998-2002) dilakukan kajian untuk perubahan nama menjadi universitas.


Selanjutnya pada masa Rektor Prof.Dr.Ir. Herry Suhardiyanto (2007-2018) telah diberikan mandat berupa ketetapan Majelis Wali Amanat (MWA) kepada Rektor untuk melakukan pengkajian atas perubahan nama tersebut. Lalu akhirnya pada masa kepemimpinan Prof. Dr. Arif Satria S.IP., M.Si. (2018-sekarang) dilakukan kajian lebih lanjut terkait perubahan nama dalam bingkai rebranding, hinga melahirkan branding baru yang disepakati yaitu “ IPB University “.


Proses rebranding ini dilakukan dengan cara pengumpulan insights dari berbagai kalangan, diantaranya meliputi internal insights dan eksternal insights, kemudian mensosialisasikannya ke stakeholder dan secara bertahap mengimplemetasikannya ke dalam berbagai produk marketing communication seperti website, buku profil, kartu nama, merchandise, dan lain-lain. 


Dilansir dari laman https://ipb.ac.id/ alasan dipilihnya kata university dilandasi pemikiran bahwa telah lama IPB berkembang dan menawarkan Prodi yang lebih kompleks dengan cakupan yang lebih luas jadi tidak hanya berkutat pada disiplin ilmu Pertanian dan Kelautan saja. Oleh karenanya nama “IPB University” sebagai brand baru diharapkan akan membangun asosiasi yang lebih luas dan menjanjikan value yang lebih tinggi.


Dengan adanya perubahan brand tersebut yang berimplikasi pada nama baru janji baru maka otomatis motto IPB juga berubah. Motto yang sebelumnya adalah “Mencari dan Memberi yang Terbaik (Searching and Serving the Best)” dirasakan sudah menjadi sebuah keharusan dan kekuatan institusi, untuk itu dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat maka IPB merumuskan motto baru yang lebih distinctive yaitu “Inspiring Innovation with Integrity.” 


Akan tetapi dari seluruh perubahan tersebut khusus untuk dokumen-dokumen resmi yang berkaitan dengan negara seperti ijazah, transkrip, dokumen kepegawaian, dan sejenisnya tetap akan menggunakan nama “Institut Pertanian Bogor” sebagaimana nama resmi institusi yang tercantum dalam Statuta IPB. Sedangkan untuk keperluan internasional seperti akreditasi, jurnal, konferensi dan lain-lain yang berkaitan dengan branding, harus menggunakan nama “IPB University” terhitung mulai 1 Juli 2019. Saat ini pengenalan nama baru tersebut di tingkat global sudah melalui masa transisi.

Semoga IPB University semakin jaya.